Kamis, 13 Oktober 2011

The Effort to Increase the Student’s Motivation in Mathematics Learning with Some Teaching Aids in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia


By: Marsigit
Unsur-unsur Psikologi yang terkandung
Direview oleh: Yudha Prihadi (10313244026)

Salah satu upaya seorang guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di SMP adalah dengan membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan, tidak membuat siswa merasa ketakutan dengan matematika. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan pengguanaan alat bantu pengajaran dalam proses belajar mengajar. Hal ini dinilai efektif dalam mengatasi masalah pembelajaran matematika di SMP 5 Wates, Kulon Progo pada tahun Ajaran 2001/2002. Penggunaan alat bantu mengajar atau alat peraga digunakan dalam upaya meningkatkan motivasi siswa di sekolah ini dalam belajar matematika.
Ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika, yaitu faktor eksernal dan faktor internal. Dalam faktor eksternal berarti seorang guru harus aktif dan kreatif dalam meningkatkan motivasi siswanya dengan memberikan sebuah ilustrasi ataupun alat-alat peraga yang mendukung proses pembelajaran. Sedangkan dalam faktor internal, guru berada dibelakang dan membiaarkan siswanya untuk mengetahui cara memecahkan masalah mereka dengan cara meereka sendiri, tetapi ia  juga harus tetap memberikan koreksi jika ada sebuah kesalahan.
Pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor) dinilai efektif dalam mengurangi kebosanan dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Di sini siswa diberikan Lembar Kerja Siswa yang di dalamnya terdapat berbagai macam persoalan matematika yang harus mereka selesaikan secara berkelompok. Dengan pembelajaran outdoor secara berkelompok ini diharapkan akan terjalin komunikasi yang baik antar siswa dan meningkatkan kepercayaandiri masing-masing siswa di luar kelas. Selain itu penggunaan bahan-bahan ajar seperti bilah bambu, karet, benang, papan dan barang-barang lainnya bisa mendukung proses dalam proses belajar di luar kelas. Siswa juga akan berpikir kreatif dalam memecahkan permasalan dengan cara mereka sendiri. Dengan begitu setiap siswa akan merasa santai dan merasa tidak terlalu terbebani akan tugas yang diberikan, dan meningkatkan motivasi belajar mereka.
Source: http://staff.uny.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar